Yogyakarta, 17 Oktober 2025 — Dalam upaya mendukung pengembangan karier akademik para dosen muda, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Faculty Insight Forum” pada Jumat, 17 Oktober 2025.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Bagian Kepegawaian UPN “Veteran” Yogyakarta, yang membahas berbagai aspek penting dalam perjalanan karier dosen, seperti Pelatihan PEKERTI dan AA, jabatan fungsional, sertifikasi dosen (Serdos), studi lanjut, serta strategi pengembangan diri di lingkungan akademik.
Dekan FISIP, Dr. Susanta, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian fakultas terhadap kebutuhan dosen muda agar dapat berkembang secara optimal sejak awal masa pengabdiannya.
“Seiring dengan bertambahnya dosen muda di FISIP, mereka tentu memerlukan pendampingan dan pembimbingan karier. Melalui forum ini, kami ingin membuka ruang bagi mereka untuk berdiskusi, bertanya, dan mendapatkan arahan yang jelas terkait tahapan pengembangan profesi dosen,” ujar Dr. Susanta.
Selain menjadi ajang sosialisasi kebijakan kepegawaian, Faculty Insight Forum juga berfungsi sebagai wadah diskusi dan berbagi pengalaman antara dosen muda, pihak dekanat, dan unit kepegawaian. Suasana forum berlangsung aktif, di mana peserta menyampaikan berbagai pertanyaan dan refleksi mengenai perencanaan studi lanjut, strategi publikasi ilmiah, serta pengelolaan beban kerja dosen (BKD).
Dr. Susanta menegaskan bahwa kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin fakultas, mengingat pentingnya penguatan kapasitas dosen dalam mendukung mutu akademik dan capaian kinerja institusi.
“Kami berharap forum ini membawa manfaat nyata bagi dosen muda, membantu mereka memahami arah pengembangan karier akademik, dan memotivasi untuk terus tumbuh menjadi pendidik yang unggul, berkarakter, dan berdampak,” tambahnya.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta menegaskan komitmennya untuk membangun ekosistem akademik yang kolaboratif, suportif, dan berorientasi pada peningkatan mutu sumber daya manusia dosen.