Tingkatkan Kinerja, Fisip UPNVY Selenggarakan Survey Kepuasan Mahasiswa

Isu terhadap kepuasan mahasiswa menjadi salah satu concern pimpinan Jurusan maupun Fakultas. Hal ini tidak lepas dari komitmen fakultas untuk menyediakan ekosistem pembelajaran yang dapat mendorong motivasi dan kualitas pembelajaran. Tantangan untuk meningkatkan relevansi lulusan maupun ikut dalam menyelesaikan persoalan bangsa, menjadikan proses evaluasi terhadap kondisi ekosistem pembelajaran saat ini menjadi sangat penting. Hal ini dikarenakan proses tersebut dapat mencerminkan bagaimana experience yang dimiliki mahasiswa selaku user utama dan setiap waktunya memanfaatkan pelbagai fasilitas maupun layanan akademik kemahasiswaan.

Untuk mendapatkan hasil yang representative, fakultas mengembangkan metode survey dengan 40 pertanyaan yang bertujuan dapat menggambarkan situasi dan kondisi ideal yang diharapkan mahasiswa. Pelaksanaan survey sendiri dilaksanakan setiap tahun secara online. Metode dan indikator dari pertanyaan tersebut merupakan hasi kesepakatan bersama dengan prodi di Fisip UPNVY. Adapun indicator yang digunakan dalam suvery ini meliputi: keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan tangible. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi ukuran yang dapat diterima oleh stakeholders fakultas dalam melakukan evaluasi maupun perencanaan pengembangan ke depan.

Dari survey yang dilakukan tersebut, setidaknya ditemukan beberapa temuan menarik dengan hasil sebagai berikut:

Hasil survei kepuasan mahasiswa:

No.

Aspek yang Diukur

Tingkat Kepuasan Mahasiswa

(%)

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

1

Keandalan (reliability)

18

51

23

8

2

Daya tanggap

(responsiveness)

13

48

29

10

3

Kepastian (assurance)

18

47

25

10

4

Empati (empathy)

14

50

27

9

5

Tangible

14

39

30

17

Jumlah

77

235

134

54

 

 

Dalam survey tersebut menunjukkan bahwa dalam hal keandalan dan kepastian dalam hal pelayanan memiliki kepuasana yang sangat baik. Poin sedikit turun di dapatkan pada aspek tangible dan daya tanggap. Hal ini didasarkan pada isu-isu keluhan terhadap peningkatan sarpras (20%), konsultasi perkembangan studi (33%), fasilitas toilet (36%) dan buku referensi (23%). Meskipun secara umum sangat baik, namun beberapa temuan ini menjadi pelecut bagi prodi maupun fakultas untuk semakin serius meningkatkan perbaikan kinerja institusi. Semangat untuk menyediakan service excellent menjadi komitmen bersama yang akan dihadirkan bagi mahasiswa sebagai pilar utama dalam memajukan bangsa.

 

Share: